Arti Anak Sendang Kapit Pancuran / Pancuran Kapit Sendang, Nasib Rejeki Kehidupan

Tentu kita pernah mendengar istilah dari arti anak pancuran kapit sendang, atau malah sebaliknya rejeki sendang kapit pancuran dan bagaimana mitos dibalik istilah tersebut terkait perjalanan hidup dan nasib seseorang yang mungkin akan terasa berguna untuk diketahui apalagi kita orang menginginkan pemahaman lebih dalam kaitannya dengan mitologi dalam primbon Jawa dan pemahaman sejenis. Berikut ini akan kita bahas secara umum apa dan bagaimana ketika kita memahami istilah tersebut, agar tidak timbul perasaan ragu dan simpang siur mengenai hal itu yang kadang tidak kita mengerti akan seperti apa kelanjutannya sehingga memberikan gambaran jelas didepan mata bagaimana harus bersikap dan memahami kehidupan ini dengan lebih mendalam.

pancuran kapit sendang

Dalam silsilah budaya daerah terutama di Jawa, ada beberapa sebutan untuk anak dan keturunan yang akan membedakan satu anak dengan lainnya, apakah dia merupakan anak pertama, anak ragil atau anak terakhir dan sebagainya sehingga kita perlu memahami lebih jauh mengenai hal ini sehingga tidak terjadi salah paham atau rasa ingin tahu yang tidak kunjung menemukan jawaban tepat karena ada banyak persepsi terkait mitos yang berkembang entah itu ada benarnya atau hanya kepercayaan semata. Sehingga penting untuk mengkaji dan mencari tahu lebih mendalam tentang istilah dan keragaman dalam hidup sehingga kita tidak salah dalam mengartikan hidup ini dengan lebih jauh dan timbul rasa percaya diri untuk melanjutkan ideologi kita sendiri tentang pandangan hidup dan bagaimana harus menyikapi hidup ini dengan lebih baik sehingga tidak timbul salah paham dan pemahaman yang berbeda yang mungkin akan berkaitan dengan rezeki dan perjalanan hidup kita dalam menempuh segala hal baik dan buruk dalam hidup ini.

Berikut makna sendang kapit pancuran atau sebaliknya:

  1. Sendang kapit pancuran, bermakna tiga anak: laki laki - perempuan - laki laki
  2. Pancuran kapit sendang, bermakna tiga anak: perempuan - laki laki - perempuan
Secara singkat, pancuran kapit sendang dapat diartikan sebagai anak nomor 2 dari 3 bersaudara. Mempunyai kakak perempuan dan adik perempuan. Anak tengah atau anak nomor 2 yaitu laki-laki memiliki nasib dan rejeki perjalanan hidup sendiri. Adapun nasib buruk atau keberuntungan yang sering ditemukan adalah dia harus bekerja keras untuk menyelaraskan arus kehidupan karena dia sebagai pancuran yang diapit dua sendang sebagaimana dia memiliki dua saudara perempuan. Namun dalam hal keberuntungan dia memiliki nasib yang baik sehingga akhirnya dapat menemukan kebahagiaan dalam hidup.

Sedangkan sendang kapit pancuran memiliki makna bahwa dia adalah anak nomor 2 dari 3 bersaudara. Memiliki kakak laki-laki dan adik laki-laki, katanya nasib dari anak perempuan tengah yang diapit 2 saudara laki-laki ini memiliki beban berat atau perjalanan hidup yang berat karena diapit oleh dua pancuran atau dua arus deras.

Adapun benar atau tidaknya mitos dari istilah diatas tentu tidak dapat kita percaya namun dapat dijadikan sebagai tambahan pengetahuan saja sehingga tidak ada beban pikiran ketika menemukan fakta lain di lapangan atau apa saja yang terkait dengan kepercayaan mitos daerah. Akan lebih baik kalau kita selalu bijak dalam menyikapi keadaan dalam hidup ini dan berusaha untuk menemukan jalan terbaik sehingga tidak ada prasangka buruk dan perasaan menyesal yang akan memberikan beban tersendiri dalam hidup.


0 Response to "Arti Anak Sendang Kapit Pancuran / Pancuran Kapit Sendang, Nasib Rejeki Kehidupan"

Post a Comment