Mitos Keluar Malam Saat Hamil dan Faktanya

Mungkin anda sudah tidak asing dengan mitos wanita hamil tidak boleh keluar malam karena akan mendapatkan hal buruk terutama berkaitan dengan anak yang ada dalam kandungan. Namun apakah arti mitos keluar malam saat hamil tersebut memang memiliki makna yang mendalam dan patut kita pertimbangkan kebenarannya? Seorang ibu yang sedang mengandung memang penuh dengan berbagai larangan terutama yang kaitannya dengan mitos, kepercayaan masyarakat setempat dan pantangan yang tidak boleh dilakukan.

Kebanyakan larangan ini ditujukan untuk perempuan yang baru hamil muda sekitar 1-3 bulan, namun tidak menutup kemungkinan juga diperuntukkan bagi wanita hamil bahkan untuk para suami pun ada mitos tertentu yang tidak boleh dilanggar. Misalnya mitos tidak boleh menyakiti binatang karena akan berpengaruh pada janin yang dikandung, mitos larangan pada makanan tertentu, sampai larangan untuk tidak keluar dimalam hari.

Kalau dilihat sepintas memang sepertinya hal-hal yang berbau mitos ini sedikit tidak masuk akal dan dapat menimbulkan kebingungan bagi wanita hamil karena adanya anggapan bahwa siapa yang melanggarnya maka akan terkena musibah, ini memang tidak sepenuhnya salah namun kalau mitos tersebut kita telan mentah-mentah bisa jadi akan sangat menyulitkan ruang gerak bagi ibu hamil. Hampir sama dengan mitos wanita bulu lebat yang pernah kita bahas beberapa waktu lalu yang ternyata dapat dijelaskan secara medis dan terbukti tidak sepenuhnya benar.

hantu diatas pohon beringin

Menurut mitos, wanita yang sedang hamil sebaiknya tidak keluar rumah diwaktu malam karena banyak roh jahat yang berkeliaran. Roh ini akan mengganggu si bayi dalam kandungan sehingga menyebabkan hal buruk terjadi dimasa depan. Kalau melihat pada mitos ini memang tidak sepenuhnya benar, karena siapa yang tahu tentang makhluk halus tersebut kecuali atas kehendakNya dan semua yang kita alami sudah ditentukan.

Fakta dibalik mitos diatas adalah:
Menurut ahli psikologis, wanita hamil memiliki mental yang mudah takut akan sesuatu, sehingga dianjurkan tidak keluar malam hari karena keadaan yang gelap dapat membuatnya takut. Secara medis kondisi ibu dan janin bisa terancam karena udara malam kurang bersahabat disebabkan banyak mengendapkan karbon dioksida (CO2).

Melihat kebenaran akan fakta udara malam yang tidak bagus untuk ibu hamil tersebut, kita dapat mengambil sisi baik dari adanya mitos tersebut karena secara tidak langsung telah menyuruh kita untuk menjaga kondisi tubuh meskipun lewat kepercayaan yang sepertinya kurang masuk akal. Setidaknya, kita jadi tahu bahwa suasana malam itu memang kurang cocok untuk wanita hamil. Jangankan untuk orang hamil, orang biasa yang sehat saja dapat masuk angin kalau terlalu banyak terkena udara malam yang dingin.

0 Response to "Mitos Keluar Malam Saat Hamil dan Faktanya"

Post a Comment