Arti Mitos Makan Pisang Dempet

Pisang Dempet

Barangkali anda pernah mendengar tentang arti mitos makan pisang dempet yang akan menyebabkan suatu kelainan terutama bagi para wanita hamil. Untuk pembaca blog mitosmimpi.com ini yang mungkin penasaran dengan adanya mitos pisang gandok atau pisang gandeng tersebut maka akan kita bahas secara ringkas untuk menghilangkan rasa penasaran. Adanya larangan makan pisang gancet untuk perempuan yang sedang hamil memang sudah berkembang turun-temurun semenjak dari jalan dahulu.

Perlu diketahui bahwa pisang dempet adalah buah pisang yang mengalami kelainan genetik yaitu dua buah pisang yang tumbuh lengket satu sama lain sehingga terkesan seperti kembar dampit. Hal inilah yang menjadi larangan untuk para wanita mengandung supaya tidak memakannya. Karena akan menimbulkan kejadian yang tidak di inginkan dengan bayi yang akan lahir kelak.

Kenapa ibu hamil tidak boleh makan pisang dempet tersebut? Mitos ini berkembang dikalangan masyarakat Jawa dan lainnya, yang bertujuan untuk melarang bagi orang yang sedang mengandung supaya tidak mengkonsumsi buah pisang tersebut. Tujuannya, agar anak yang lahir nanti tidak cacat fisik.

Ibu hamil tidak boleh makan pisang dempet, mitosnya adalah: akan menyebabkan anaknya lahir cacat fisik

Larangan ini sebenarnya juga ditujukan untuk para suami yang istrinya sedang hamil, karena bisa jadi dengan melanggar mitos tersebut maka akan menyebabkan anak mereka akan lahir dengan kondisi yang tidak sempurna dari segi fisik.

Ada beberapa kasus yang menyatakan bahwa bayi lahir dengan jari tangan dempet atau bahkan kembar dampit. Hal ini katanya dikarenakan dulu sewaktu hamil orang tuanya makan pisang dempet, sehingga menyebabkan bayi yang lahir dengan kondisi tubuh kurang sempurna. Akan kebenaran dari mitos tersebut memang tidak dapat dibuktikan, namun apabila kita telah tahu tentang larangan tersebut sebaiknya mengikutinya supaya mencegah hal-hal yang tidak di inginkan dikemudian hari.

0 Response to "Arti Mitos Makan Pisang Dempet"

Post a Comment